TUGAS MATA KULIAH STATISTIK SOSIAL
NIM :
13 402 012
UNIVERSITAS
INDONESIA TIMUR MAKASSAR
RINGKASAN MATERI
Pengeritan Statistik
Kata statistika (statistic) berasal dari
bahasa latin status yang berkaitan dengan suatu negara, dalam arti kesatuan
politik. Pada awalnya, kata statistik diartikan sebagai keterangan-keterangan
yang dibutuhkan negara untuk memperlancar penarikan pajak dan mobilisasi rakyat
jelata ke dalam angkatan perang.
Pengertian statistika juga diartikan
sebagai data kuantitatif atau kumpulan data yang berwujud angka-angka.
Polemik tentang
statistika juga berkisar persoalan Polarisasi mengemuka diantara para ahli
statistik terhadap persoalan ini. Ada sebagian yang mengatakan metode
statistika yang modern pada dirinya sendiri sebetulnya sudah merupakan ilmu
pengetahuan. Sebab, ilmu pengetahuan sudah mencakup segala metode guna
mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisa data kuantitatif.
Jenis-jenis Statistika
Statistika
Deskriptif adalah metode statistika yang digunakan untuk menggambarkan atau
mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi.
Statistika
Induktif adalah metode yang digunakan untuk mengetahui tentang sebuah populasi
berdasarkan suatu sampel atau contoh dengan menganalisis dan
menginterprestasikan data menjadi sebuah kesimpulan.
Pengertian Populasi dan Sampel. Populasi adalah sebuah
kumpulan dari semua kemungkinan orang-orang, benda-benda dan ukuran lain dari
obyek yang menjadi perhatian. Sampel adalah suatu bagian dari populasi tertentu
yang menjadi perhatian.
Jenis-jenis Variabel
1.Variabel kualitiatif adalah data yang diperoleh dari
sampel atau populasi berupa data kualitatif, data bukan berupa angka.
2. Variabel
kuantitatif adalah data yang diperoleh dari sampel atau populasi berupa data
kuantitatif, data berupa angka.
3 Data primer adalah data yang
diperoleh secara langsung dari obyek penelitian.
4. Data sekunder adalah data yang
diperoleh dari sumber lain yang sudah dipublikasikan.
Pengukuran
Proses
pengukuran dimulai dengan konseptualisasi (conceptualization) dan
operasionalisasi (operationalization) dari setiap konsepdan variabel yang
tercakup dalam hipotesis penelitian. Konseptualisasi adalah proses pemilihan
konsep dan pemberian batasan (definisi) secara teoritis terhadap suatu konsep.
Sedangkan operasionalisasi adalah suatu proses penyusunan definisi operasional
dari konsep yang dimaksud. Jadi, definisi operasional merupakan batasan
(definisi) atas makna suatu konsep dalam bentuk cara, prosedur, ataupun
instrumen pengukuran tertentu.
Pengertian Kampanye
Apa yang di maksud dengan
kampanye adalah :
1.
Secara etimologis “
kampanye ” berasal dari bahasa peranciscampagne yang di duga
terambil dari bahasa Italia Champagne – yang berarti lapangan,
operasi militer- itupun terambil dari bahasa Latin Champagne yang
di turunkan di daerah sekitar Napoli berarti terbuka, medan perang, atau lapangan,
yang dalam perkembangannya
Tujuan Kampanye :
Kampanye merupakan kegiatan komunikasi publik yang dilakukan secara
berencana yang bertujuan untuk :
1.
Memobilisasi dan
melibatkan orang-oranguntuk terlibat dalam menyebarluaskan informasi teretulis
melalui media atau media tidak tertulis (langsung dengan publik) untuk mencegah
dan memdorong sikap individu atau publik untuk melakukan dfan tidak melakukan suatu
tindakan tertentu demi kesejahteraan individu maupun publik pada
umumnya.
2.
Memberikan tekanan
kepada para pemegang kekuasaan atau kemenagan dari para pembuat keputusan (pressurising
decision makers) untuk mencari solusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan
individu atau publik pada umumnya.
3. Menginformasikan dan memberikan pendudukan kepada
individu atau publik.
Strategi Kampanye
1. Strategi umum
a) Analisis masalah
b) Tujuan dan sasaran
c) Stakeholders
d) Pesan
e) Taktik
f) Siapa pengirim pesan
g) Sumberdaya
h) Assessment
Pengertian Propaganda
Pada tahun 1934 Harold D.D Lasswell mendefinisikan propaganda dalam suatu
kesadaran yang paling luas seperti suatu teknik atau manipulasi penyajian pesan
yertentu yang mempengaruhi tindakan manusia ( Lasswell, 1995 ) ini merupakan
definisi ketiga dari Lasswell saat terjadinya PD II.jadi jika di lihat pada
separuh dari abad ke 20 maka tidak banyak orang yang setuju jika propaganda di
artikan sebagai pembentukkan tindakan melalui teknik-teknik tertentu karena di
saat itu propaganda hanya di artikan hanya sebagai teknik untuk mempengaruhi
orang- orang.
Karakteristik Utama Propaganda
Ada beberapa karakteristik utama dari propaganda yaitu :
a) Pernyataan bohong
b) Strategi selektif
c) Peryataan berlebihan
d) Eksplisit atau implisit?
Tujuan Propaganda
* Mempengaruhi opini publik
* Memanipulasi emosi
* Menggalang dukungan atau penolakan
Sasaran Propaganda
Memobilisasi kebencian terhadap musuh
Mempertahankan persahabatan dan sekutu
Membangun kerja sama dengan sekutu
Menakut-nakuti musuh
Pengguna Propaganda
Pemerintah
Organisasi
Bisnis
Tipe Utama Propaganda
Semua propaganda dapat di golongkan dalam dua kelompok, yang spontan dan di
buat-buat. Propaganda yang spontan di temukan dimana-mana ketika orang bicara
tentang prestasi dan keberhasialn mereka, mereka tidak merancang pidato
(panjang atau pendek ) untuk menyampaikan informasi ini kepada orang lain.
Sebalikx, ketika seseorang lulusan memenagkan hadiah undian atau mendapat
kehormatan khusus, maka dia secara otomatis dan antisias menginformasikan
tentang hal-hal yang berkaitan dengan itu.yang terakhir ini merupakan iklan
spontan.
Propaganda yang di buat-buat ( contrived propaganda), adalah
propaganda yang di rencanakan dan di laksanakan dengan hati-hati. Jenis
propaganda ini di bagi lagi dalam dua jenis, yaitu: propaganda informatif,
bertujuan untuk membawa fakta-fakta kepada orang-orang dan mengharapkan mereka
untuk menanggapi sesuatu secara positif; dan propaganda manipulatif, bertujuan
untuk mengendalikan atau sekurang-kurangnya mengarahkan perilaku orang lain
kearah yang di kehendaki oleh propagandis.
Kategori Propaganda
Sekurang-kurangnya kita dapat menyusun beberapa kategori propaganda sebagai
berikut :
Terselubung dalam iklan
Menggunakan Term yang sama
Term yang berakar pada agama
Propaganda sebagai senjata perang
Jenis- Jenis Propaganda
Ada empat jenis propaganda:
Teknik- Teknik Propaganda
Dalam praktek propaganda di temukan ratusan metode
untuk menyebarluaskan ide- ide dan pikiran yang di kontrol oleh
propagandis, tetapi pada akhirnya teknik itu secara kasar dapat di golongkan
menjadi beberapa kategori yang tumpang- tindih.berikut di kemukakan beberapa
teknik utama. Yaitu :
Takut nama baik tercemar
Mengembalikan nama baik
Daya tarik pada kewenangan manusia
Daya tarik persuasi dari individu
Pesona pada efek pesan
The bandwagon
Card- stacking
Titillation and teasing.
ILMU PEMERINTAHAN, FAKULTAS
SOSIAL DAN ILMU POLITIK
DOSEN MITRA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar